Senin, 05 Agustus 2013

SEMARAK RAMADHAN DARUS SHOBIY 1434 H HARI KE 2

Suasana Sore Hari yang cerah dan Matahari yang terik menyinari alam semesta menjadi Suasana yang Ceria dan Hangat mengikuti jalannya acara pada hari kedua Pondok Ramadhan Darus Shobiy pada hari kedua ini, yaitu tepatnya pada hari Sabtu, tanggl 3 Agustus 2013 Pukul 15.00 WIB.
Acara pada hari kedua ini dimulai tepat pada pukul 15.30 WIB atau lebih 30 menit dari jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya. Walaupun begitu, antusias para santri yang akan mengikuti jalannya acara selanjutnya menjadi bagian yang menarik untuk disimak dan dilihat. Hal ini dibuktikan bahwa kehadiran anak-anak dari Pagi hari sampai sebelum jam 3 sudah banyak yang berkumpul di halaman di TPQ Darus Shobiy untuk menikmati Indahnya Kebersamaan dalam Ikatan Tenda yang menjadi satu rumah kecil yang penuh canda dan tawa dari teman-temannya.
Tepat pada pukul 15.30 WIB, kegiatan pertama pada hari ke 2 ini adalah mengikuti Shalat Ashar berjamaah di Aula TPQ Darus Shobiy, Kegiatan sholat berjamaah ini berlangsung dengan Khidmat dan Khusyu’ yang diikuti oleh para santriwan-santriwati yang dipimpin langsung oleh Ustadz Yoga dan di dampingi oleh Ustadz abdul Manaf dan dewan guru yang lainnya.
Dzikir dan Do’a menjadi acara selanjutnya setelah Shalat Berjamaah. Setelah para santri merapikan alat-alat Shalatnya, kemudian anak-anak diaminta untuk merapikan dan melipat alat shalatnya untuk diletakkan ditempatnya masing-masing.
Acara selanjutnya yang tidak kalah menarik dan serunya adalah acara ’Mewarnai Gambar Islami” yang dibina langsung oleh Ustadz M. Suwignyo Prayogo atau yang dikenal oleh Para Santri dengan sebutan Mas Wignyo atau juga dikenal oleh para santri di Malang Raya dengan sebutan Ustadz Yoga. Berbagai Ilmu dan Pengalaman menganai teknik dan cara mewarnai yang baik dan benar diajarkan langsung kepada anak-anak. terima kasih ustadz Yoga...... insya Allah ilmunya sangat bermanfaat buat kami semua.
Keseriusan dan semangat anak-anak dalam kegiatan Lomba Mewarnai dengan berbagai macam alat warna ini seperti Crayon, pensil warna maupun spidol menjadi agenda Khusus yang dinanti-nantikan para santri untuk mengekspresikan Imajinasinya melalui goresan crayon dan alat warna lainnya diatas kertas putih ukuran A4. Kreativitas, imajinasi dan keInginan yang besardari dalam diri masing-masing santri untuk mendapatkan hasil mewarnai yang maksimal menjadi motivasi tersendiri yang sangat berpengaruh dan sangat besar. Oleh karena itu, dalam kegiatan mewarnai maupun menggambar seperti itu dibutuhkan suatu ketekunan dan keistiqomahan dalam berlatih secara terus menerus baik dirumah, disekolah maupun ditempat mengaji. teruslah belajar teman-teman, kita pasti bisa menjadi yang terbaik dalam hal mewarnai dan Menggambar sebagaimana yang disampaikan oleh Ustadz Yoga kemarin...!!! amin...insya Allah...
Hal tersebut dibuktikan dengan para peserta lomba yang mengikuti hampir sekitar 70 santriwan-santriwati dari Tingkat dasar 1 dan 2 yang bergabung dan berkumpul menjadi satu dalam satu ruangan secara serentak mewarnai bersama-sama. Berbagai pertanyaan mengenai cara mewarnai yang benar dilontarkan oleh para santri secara bergantian dan ditanggapi langsung oleh Mas Wignyo dengan rasa Senang dan Ceria, dengan harapan agar dengan rasa ceria dan bahagia hasil gambar yang diwarnai oleh anak-anak menjadi semakin baik dan indah jika dipandang oleh mata. Amin...
Setelah acara mewarnai usai, kegiatan selanjutnya adalah kegiatan BCM yaitu yang dipandu oleh Ustadz Abdul Manaf dan Kak Dian Al-Khusairi dengan menyanyikan lagu-lagu Ramadhan dan lagu-lagu Islami secara bersama-sama di halaman TPQ Darus Shobiy. Acara BCM berlangsung hampir 15 menit hingga terdengar Suara Adzan Maghrib ”Tanda Berbuka Puasa Tiba”.
Alllahu Akbar.... Allahu akbar...... ” Alhamdulillah ayo kita berbuka.... ”teriakan Anak-anak Santriwan-Santriwati”. Dengan serentak dan bersama-sama dipandu oleh ustadz-ustadzah memandu membacakan Doa Berbuka Puasa: ”Allahumma laka Shumtu wabika amantu wa’ala Rizqika Afthortu Birohmatika Ya arhamar Rohimin..”. semua santri secara bergantian mengambil takjil yang sudah disediakan oleh ustadz-ustadzah dan dilanjutkan secara bergantian mengambil air wudhu untuk persiapan Sholat Maghrib berjamaah.
Setelah shalat Maghrib Usai, para Santri berkelompok sesuai dengan kelas masing-masing membuat lingkaran sambil menunggu nasi bungkus untuk berbuka. Keceriaan para santri terlihat ketika mereka semua sedang makan bersama dengan teman-temannya, hal inilah yang nantinya akan menjadi kenangan tersendiri yang tidak akan terlupakan selamanya disaat berbuka secara bersama-sama.
Setelah acara berbuka usai, kegiatan selanjutnya adalah istirahat (acara santai) sambil menyiapakan peralatan Patrol yang akan digunakan setelah shalat Tarawih nantinya. Hampir sekitar 15 menit para santri beristirahat dan menunggu adzan Isya’, akhirnya tepat pukul 18.45 WIB suara adzan Shalat Isya’ dan shalat Tarawih dikumandangkan. Para santri akhirnya secara bersama-sama secra bergantian mengambil air wudhu untuk persiapan shalat.
Tiba acara Shalat Isya’, Tarawih dan Witir dilakukan, para santri dengan khusyu’ mengikuti jalannya acara sampai selesai shalat dan ditutup dengan Dzikir dan Doa. Tiba pada acara selanjutnya yaitu ”Lomba Patrol”. Semua Santri bersiap-siap menyiapkan alat-alat yang akan dipakai dan digunakan pada saat lomba patrol nantinya seperti Galon Aqua, timba, tong biscuit dan masih banyak lagi alat lainnya sesuai dengan kreativitas masing-masing kelompok Patrol.
Memasuki acara Patrol tepat pukul 20,00 WIB, para santri bersiap-siap baris berjajar ke belakang sesuai dengan nomor undian dan nomor urut untuk berjalan mengelilingi Dusun Penumpaan sambil melagukan dan menyanyikan tembang-tembang Sholawat Nabi sesuai dengan lagu kelompok masing-masing. Ada yang memakai lagunya waliband, Sholatullah...,salamullah...., robbana a’tina....dll. Pokoknya seru banget...!!!
Pada Penghujung acara, semua kelompok Patrol mulai daroi nomor urut 1 sampai 7 secara serentak dan bersama-sama berjajar memanjang kebelakang berjalan mengelilingi Dusun Penumpa’an sambil menyanyikan lagu-lagu sholawat Islami dan Mars Darus shobiy. Suasana Senang, Bahagia bercampur Haru menyelimuti jalannya acara pada malam penutupan Patrol Tersebut. Para Warga Dusun Penumpa’an berbondong-bondong dan secara bersama-sama menikmati jalannya acara sambil melihat dipinggir jalan penampilan para santri TPQ Darus Shobiy. Mereka Semua merasa Bangga ketika melihat anak-anak mereka tampil dengan penuh percaya diri menyemarakkan kegaiatan Ramadhan dengan kegiatan-kegiatan yang positif.
Kami semua atas nama keluarga Besar TPQ Darus Shobiy mengucapkan terima kasih banyak atas semua dukungan, kerjasama dan bantuan dari smeua Pihak seperti Para Guru, Para alumni, khususnya para activist Darus shobiy yang senantiasa bekerja bersama-sama tanpa mengenal putus asa menyemarakkan acara sampai selesai pada hari kedua ini.
Kami semua atas nama Keluarga Besar TPQ Darus Shobiy hanya bisa mendoakan "Semoga amal ibadah kita semua diterima oleh Allah sebagai amalan yang sholihah di dunia dan akhirat. Amiin.... dan semoga acara PATROL KELILING di Ramadhan Tahun depan bisa lebih Semarak dan Meriah Lagi. Amin... Allahumma amin.....\

Tidak ada komentar:

Posting Komentar